9.01.2008

Mendaftarkan Blog Pada DMOZ

·

Agar blog kita cepat terdaftar dalam direktori, di sarankan agar PageRank kita mencapai 2 PR atau lebih. Kita juga dapat mendaftar ulang jika daftar kita ditolak. Bagaimana cara melihat PageRank? Caranya akan dibahas lain setelah ini.

Klik link sugges URL yang terdapat di bagian atas, yaitu banner DMOZ. Kita akan dibawa pada halaman yang berisi penjelasan tentang peraturan atau tata cara mengajukan pendaftaran website (How to suggest a site to the open directory). Ada baiknya kita membaca peraturan yang penting untuk diketahui adalah:


1. Jangan mendaftarkan dengan nama URL Redirection, gunakan URL asli dari webhosting kita.

2. Jangan mendaftarkan website yang belum selesai, biasanya ada halaman yang sedang dikerjakan atau ada link yang terputus.

3. Jika website kita menggunakan bahasa utama selain bahasa Inggris, maka daftarkanlah dalam kategori World.


Setelah kita setuju dengan peraturan yang dijelaskan di halaman ini kemudian klik link Proceed to the Open Directory home at dmoz.org untuk melalui proses pendaftaran, kita akan kembali dibawa pada halaman depan (homepage) dari DMOZ. Di sini kita harus mencari dan menelusuri kategori dan sub kategory yang paling tepat untuk website yang telah kita buat. Mengingat point ketiga yang disebutkan di atas, jika situs kita berbahasa Indonesia, maka kategori pertama yang harus kita masuki adalah link World yang terdapat pada deretan link terbawah. Klik link World.


Kita akan dibawa pada daftar link bahasa-bahasa yang terdapat di seluruh dunia yang diurutkan sesuai dengan abjad. Angka-angka yang terdapat dalam tanda kurung di belakang setiap link kategori merupakan kumlah website yang telah terdaftar dalam Open Directory untuk kategoritersebut. Carilah link Indonesia. Setelah dapat, klik link tersebut. Kita akan dibawa pada halaman selanjutnya yang merupakan daftar pertama dari daftar kategori dalam kelompok website Indonesia.

Di sini terdapat sejumlah kategori seperti Belanja, Berita, Bisnis, Kesehatan, dan seterusnya. Pilihlah kategori yang paling sesuai untuk website kita. Misalnya kita memilih kategori komputer. Setelah link Komputer di klik, kita akan dibawa pada daftar selanjutnya yang di dalamnya terdapat sejumlah sub kategori seperti Hacking, Internet, Konsultan, Linux, dan seterusnya. Di sini kita klik link Iternet yang membawa kita pada daftar kategori selanjutnya. Sub kategori yang terdapat di halaman ini antara lain Berita Online, Chat, Layanan Email, Layanan Web, dan lain-lain.

Seandainya kita hanya mendaftarkan website kita sampai di kategori Internet saja, maka di sini langsung klik saja Tambah URL yang terdapat di bagian atas banner. Jika kita ingin melihat situs-situs mana saja yang telah terdaftar dalam kategori Internet, gulunglah layar ke bawah, maka di sana kita akan melihat daftar nama-nama situs, lengkap dengan deskripsi tentang isi masing-masing situs.

Jika kita ingin mendaftar dalam sub kategori yang lebih dalam, klik link sub kategori yang dimaksud tadi. Setelah itu, kita akan dibawa pada halaman Submit a site the Open Directory. Di halaman ini kita diminta untuk mengisi formulir registrasi. Hanya ada empat kotak yang harus kita isi dengan baik dan benar.


Site URL: masukkan alamat (URL) website kita. Ingat, alamat yang dimaksud adalah alamat asli dari webhosting tempat kita menyimpan file-file website. Jadi jangan memasukkan alamat URL Redirection.

Title of Site: tuliskan nam (judul) dari website. Isilak "Title" ini sudah dijelaskan sebelumnya.

Site Description: ketikkan kata-kata singkat tentang isi website kita.

Your E-Mail Addree: isikan dengan alamat email kita.


Setelah semua kotak-kotak isian telah kita isi dengan benar, maka di halaman selanjurnya kita akna mendapati tulisan Submission Received yang menyatakan bahwa pengajuan pendaftaran website kita telah diterima.

Hal ini bukan berarti website kita telah diterima dan akan dimasukkan dalam daftar kategori DMOZ, kita masih harus menunggu beberapa minggu atau bulan untuk proses virifikasi. Itupun jika website yang kita daftarkan dianggap memenuhi syarat dan layak dimasukkan dalam direktori DMOZ. Website yang biasanya dianggap layak dipajang adalah website tidak memiliki cacat serius dari segi teknik pembuatan website, serta memilik isi (content) yang cukup khas karena mengandung materi atau informasi yang masih jarang ditemukan di Internet.

Ternyata Halaman Yang Ini Bagus Juga Untuk Di Cetak: Cetak Halaman Ini

Masukkan Email Kalian Untuk Mendapatkan Artikel-Artikel Seperti Di Atas:

Delivered by FeedBurner


0 comments: