9.01.2008

Mendaftarkan Blog Pada Mesin Pencari

·

Sumber semua pengunjung sebagian besar adalah dari search engine. Oleh karenanya memasukkan blog ke dalam daftar pencarian adalah hal yang penting. Seperti diketahui ada tiga search engine terbesar, yaitu Google, Yahoo, dan MSN. Untuk mendaftarkan blog, kunjungilah link-link berikut:

1. Google Webmasters Tools

Layanan ini menyediakan informasi tentang Web yang kita miliki berdasarkan sitemap yang diberikan kepada Google, tetapi kita tentunya harus melakukan verifikasi untuk membuktikan hak kepemilikan dengan menyisipkan kode dari Google Webmasters Tools. Format dari sitemap blog Blogger adalah seperti berikut: http://namablog.blogspot.com/atom.xml.

Dengan mendaftarkan blog kita ke sini, maka akan berada dalam antrian spider Google. blog pun aka masuk ke dalam daftar Web Google.

Layanan ini juga menyediakan informasi tentang error yang terjadi ketika ada halaman yang tidak berhasil ditelusuri disertai informasi kata kunci untuk masing-masing blog atau Web yang kita tambahkan.


2. Google Analytics

Layanan ini sangat hebat untuk memberikan informasi lengap tentang blog atau Web kita. Mirip dengan Google Webmasters Tools, tetapi jauh lebih baik.

Google Analytics memberi tahu kita bagaimana pengunjung menemukan blog kita dan bagaimana menreka menggunakan blog tersebut. kita dapat membandingkan pengunjung yang datang dari berbagai sumber, seperti search engine, datang langsung, atau di-refer dari Web lain. Kita juga dapat melihat berapa banyak halaman blog yang dibuka selama jangka waktu tertentu dan melihat dari negara mana saja pengunjung kita berasal.

3. My Web

Layanan ini dari Yahoo. Mirip dengan bookmark directories terkenal seperti del.icio.us. kita dapat memasukkan blog kita dan feed-nya untuk mendapatkan kesempatan dikenal di Yahoo. kita tinggal memilih menu add pages.

4. Yahoo Site Explorer

Layanan dari Yahoo ini mirip dengan Google Webmasters Tools. Yang perlu kita masukkan adalah sitemap blog kita dan dapat menampung lebih dari satu blog.

5. MSN

Mesin pencari dari Microsoft ini menyediakan form untuk mendaftarkan blog atau Web ke daftar pencariannya. Yang perlu kita lakukan adalah mengetikkan alamat blog kita dan mengisi verifikasi kata. Cara ini sepertinya yang paling mudah dibanding dengan langkah-langkah yang ada di atas, tetapi sayangnya MSN adalah mesin pencari dengan pasaran terkecil di antara Google dan Yahoo.

Sebenarnya ada banyak lagi mesin pencari di dunia maya, tetapi rasanya sudah cukup dengan mendaftarkannya pada ketiga mesin pencari terbesar ini. Karena sesudah ini masih ada beberapa direktori khusus untuk blog yang juga perlu dikunjungi untuk memastikan blog kita tidak terkubur bersama ribuan blog lainnya.

Ternyata Halaman Yang Ini Bagus Juga Untuk Di Cetak: Cetak Halaman Ini

Masukkan Email Kalian Untuk Mendapatkan Artikel-Artikel Seperti Di Atas:

Delivered by FeedBurner


0 comments: