9.01.2008

Mendaftarkan Blog Pada Google

·

Sebenarnya Google bisa saja menemukan/mendaftarkan atau yang lebih umum disebut mengindeks situs kita tanpa kita memberi tahu Google. Tapi itu akan membuat blog kita dikenal oleh dunia semakin lama. Bagaimana tidak, Google harus mencari sendiri situs kita, menjelajahi, baru mendaftarkannya. Berbeda dengan mendaftarkan secara manual, Google akan segera mencatat bahwa ada blog baru yang harus segera ditambahkan.

Bagaiman untuk melakukannya? Kunjungi alamat google.com/webmasters lalu pilih Submit your content in Google (di sebelah pojok kanan halaman). Setelah itu kita pilih Submit your content to Googel, maka akan terlihat halaman How to submit your content to Google. Pilih saja.

Tidak lama kemudian, akan terlihat halaman Add your URL to Google, isikan sesuai dengan alaman blog kita dan isikan deskripsi yang singkat. Selanjutnya akan ditampilkan Dashboard dan perhatikan textbox "Add Site". Isikan textbox tersebut dengan alamat blog kita dengan lengkap bersama http://. Jika sudah, tekan tombol Add Site yang berada disampingnya.

Tidak lama setelah proses penambahan daftar situs, tabel yang tadinya hanya berisi tiga situs, akan berubah menjadi empat situs. Setelah itu tekan tombol Add untuk penambahan Sitemap. Halaman penambahan sitemap akan muncul pada halaman Add Sitemap. Pada combo box Add Sitemap, pilihlah Add General Web Sitemap. Setelah itu, dalam kotak teks My Sitemap URL is, isikan dengan alamat sitemap kita.

Secara umum, Blogger memberikan alamat sitemap kita dengan format http://fansblogs.blogspot.com/atom.xml. Atom.xml inilah alamat sitemap kita. Sehingga dalam kotak textbox itu, kita cukup mengetikkan atom.xml. Setelah itu kli tombol Add General Web Sitemap. Setelah kita menekan "Add General Web Sitemap", jika Sitemap kita diterima oleh Google, maka akan muncul halaman Sitemaps.

Setelah itu kita kembali ke dalam Dashboard dengan menekan link "Dashboard" di yang berada di bawah tulisan Google Webmaster Tools. Dashboard akan datang bersama tabel baru bernama http://fansblogs.blogspot.com, yang tadinya telah kita tambahkan. Tetapi tidak hanya sampai di sini, masih ada beberapa proses lagi yang harus kita lakukan, yaitu melakukan verifikasi.

Gunanya untuk apa? Agar CrawlerBot (robot yang digunakan untuk mengindeks situs kita) tahu kalau memang blog kita sudah didaftarkan dalam Google Webmaster Tools. Kita juga dapat melihat pada label, terdapat tulisan Errors yang menyala terang, itu berarti Sitemap atau situs blog sudah tidak dapat diakses oleh CrawlerBot Google. Sedangkan yang bertanda hijau itu, mengartikan bahwa blog kita sudah diakses, dan Google siap menerima apapun darinya untuk diindeks.

Baik, langkah selanjutnya tentu saja melakukan verifikasi blog kita. Untuk melakukannya, tekan Verify pada kotak di mana blog kita belum melakukan verifikasi. Tidak lama akan ditampilkan halaman Verify a Site. Di kotak choose verifycation method, pilihlah Add a Meta Tag. Setelah itu, kita akan mendapatkan kode virifikasi untuk blog kita. Blok semua kode tersebut dan copy ke dalam Clipboard kita.

Jangan tekan tombol "Verify" terlebih dahulu. Sekarang kita kembali lagi ke dalam Blogge.com. Masuk ke dalam Blogger.com, pilih template dan pilih Edit HTML. Di sanalah nantinya kita akan menyimpan kode verifikasi untuk blog kita. Masalahnya, di bagain manakah kode Verify tersebut disimpan?

Google sendiri mengatakan jika kode Verify dapat diletakkan di mana saja, yang penting di dalam tag <head></head>. Jadi, kita lakukan sekarang juga. Kita cari dalam kode Edit HTML tag <head>. Jika sudah ditemukan, di sanalah kita dapat menekan tombol "Ctrl+V" sehingga kode Verify yang tadi sudah kita copy ke dalam Clipboard langsung tersimpan disana.

Sudah selesai, mudah kan? Ingat Google membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari untuk mengindeks isi dari blog kita. Untuk itu bersabarlah, jangan terlalu terburu-buru. Semoga blog kita dapat terindeks oleh Google. Dan jangan lupa, simpan hasil Edit HTML kita dengan menekan tombol Save Edit di bawahnya.

Ternyata Halaman Yang Ini Bagus Juga Untuk Di Cetak: Cetak Halaman Ini

Masukkan Email Kalian Untuk Mendapatkan Artikel-Artikel Seperti Di Atas:

Delivered by FeedBurner


0 comments: